Bebas Dari Virus Corona, Premier League Normal Lagi di 2020/2021

Bebas Dari Virus Corona, Premier League Normal Lagi di 2020/2021

Kompetisi Premier League musim 2020/2021 mendatang, dipastikan akan kembali normal. Hal ini terjadi, karena pihak kompetisi tidak akan menerapkan aturan yang berlaku di masa pandemi Virus Corona.

Diketahui bahwa Premier League sempat menerapkan beberapa aturan baru di musim 2019/2020, tepatnya ketika kompetisi terganggu virus corona. Di antaranya adalah aturan terkait teknis pertandingan.

Salah satu aturan yang paling krusial adalah kebijakan lima pergantian pemain di tiap pertandingan. Klub sempat diperbolehkan mengganti lima pemain di tiap laga, demi membantu pemain, yang sempat terlalu lama libur akibat pandemi, bisa bertanding dalam kondisi prima. Aturan itu sendiri dicetuskan FIFA.

FIFA memang memberikan keleluasaan terhadap kompetisi di tiap negara untuk melanjutkan kompetisi musim 2020/2021 atau tidak. Premier League memang menolak opsi yang diberikan oleh FIFA.

Premier League dipastikan berjalan normal kembali, serta tidak menerapkan adanya pergantian pemain sebanyak lima kali lagi. Hasil ini tak terlepas dari rapat umum yang dilakukan, Kamis (6/8/20202), dimana banyak klub-klub ramai-ramai menentangnya.

Menurut sumber dari media Guardian, dengan adanya pergantian lima pemain sekaligus akan menguntungkan tim-tim papan atas. Pasalnya, mereka memiliki materi pemain lengkap dan kedalaman skuat yang oke, yang dirasa diuntungkan jika bisa mengganti banyak pemain di tiap pertandingan.

Maka dipastikan kompetisi EPL untuk musim depan, bakalan berjalan normal kembali. Pergantian pemain didalam setiap pertandingan akan kembali normal, serta hanya boleh menetapkan tujuh pemain dibangku cadangan saja.

Selain dari itu juga, sistem water break yang sempat diterapkan akan dihapuskan. Maka sebelumnya pertandingan boleh berhenti sejenak untuk meminum air, untuk kompetisi musim depan hal itu tidak akan terjadi lagi.

Terakhir, Premier League akan menerapkan Video Assistant Referee (VAR) dengan sepenuhnya sesuai protokol FIFA. Liga Inggris memang punya aturan sendiri terkait VAR, salah satunya wasit tidak diberi monitor di pinggir lapangan.

Di musim 2020/2021, VAR di Liga Inggris akan menyediakan monitor yang bisa dipantau wasit. Dengan demikian, tidak akan ada lagi toleransi atau blunder keputusan dari wasit jika ada perdebatan di lapangan. Aturan itu disepakati 20 klub yang akan berlaga, termasuk para tim promosi yakni Leeds United, West Bromwich Albion, dan Fulham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *